Pendakian Gunung Sumbing 3371 Mdpl

Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3371 meter diatas permukaan laut yang terletak di sebelah barat kota Wonosobo. bersebelahan dengan gunung sindoro menjadi pesona tersendiri untuk menjajal mendaki ke puncak tertingginya.

28 oktober 2011 sekitar pukul 07.15 waktu bagian jatinegara
Saya beserta rombongan yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra UNJ berangkat menuju purwokerto naik kereta kutojaya, yang ekonomis ngirit cuma 28rebu duduk manis nikmatin goyangan kereta, kalo mw jajan juga ga repot karna lumayan banyak sepanjang jalan tukang asongan lalu lalang walau sebenernya dilarang berdagang didalam kereta.

sekitaran pukul 14.30 waktu bagian purwokerto
rombongan yang berjumlah 23 orang ini beserta gw turun dari kereta. nah, ini pertama kalinya nih singgah di stasiun kampung gw sendiri. norak2 dikit ya kan foto2 di stasiun yang lumayan rapih, nyaman dan bersih
lanjut lagi perjalanan menuju wonosobo, rombongan di sambut kawan dari UPLMPA Unsoed. dari sini rombongan diangkut dengan bus tiga per empat (tiger) yang sudah dicarter. mas agung sebagai pramudinya, ramah, baik dan ternyata pernah, bahkan sering juga dulunya mendaki gunung. jadi cerita2 deh sepanjang jalan menuju wonosobo pengalamannya mendaki gunung sumbing. nambah2 buat ormed (orientasi medan). oya ongkos carter bus nya cukup murah, bolak balik dianter dijemput cuma 500rebu buat satu bus ini, mantap ga tuh

sekitar pukul 18.30 waktu bagian wonosobo
desa garung tepatnya, merupkan awal mulainya pendakian yang akan kita lakukan besok pagi. malam ini kita beristirahat sejenak dibasecamp

29 oktober 2011
hari ini kita akan mulai pendakian gunung sumbing. sebelumnya kita sarapan dulu supaya bertenaga dan semangat nanjaknya. sambil menunggu masak2 saya mencoba lihat2 pemandangan sekitar, ambil gambar, jepret2

ada dua pilihan jalur yang bisa dilalui para pendaki, yaitu melalui jalur lama dan jalur baru

pukul 09.00 waktu bagian desa garung
setelah menyelsaikan perizinan pada basecamp dengan registrasi 4rebu per kepala, rombongan lepas landas dari basecamp. melalui jalur lama lewat ladang2 penduduk. nah disini treknya lumayan buat pemanasan. nanjakannya kaga nahan dah
berjalan sejauh 2 km melewati ladang warga baru kita menemui batas hutan.

sekitar pukul 11.00 waktu bagian pos I Malim
rombongan yang membawa misi penghijauan untuk sumbing melakukan penanaman bibit pohon di sepanjang jalur antara pos I menuju pos II
bibit pohon yang kita bawa dari purwokerto ditanam dengan harapan dapat memunculkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian dan keseimbangan alam.
pukul 12.00 waktu bagian pos II Genus
kita ishoma dulu dimari, isi ulang tenaga dulu karna tanjakan didepan pastinya lebih nanjak,hehe

lepas makan siang ini tiba2 turun aer dari langit, temen2 pun bergegas merapikan kembali peralatan yang dipakai, dan langsung memakai setelan jas hujan
pukul 13.30
kita kembali melanjutkan pendakian. treknya masih aja nanjak ya kan. berharap bonus cuma 2 meter dapet nya, haha
pos II menuju pos III jalurnya terjal dengan kondisi tanah yang agak labil kaya yang pada mendaki ini mulai labil,haha
sekitar pukul 14.15
saya yang mulai tertinggal dr rombongan yang baru sampai di pos III sedelupak roto. Medan jalurnya terbuka, cuma semak2, terbuka juga langitnya sehingga sang sindoro pun terlihat keanggunannya
tidak berapa lama berjalan dari pos III ini kita memutuskan untuk buka tenda di sebelum pos IV pestan yang lokasinya memang memungkinkan sekali untuk mendirikan tenda2, cukuplah lapak buat 6-8 tenda. nah disini kita ndirikan 3 tenda untuk bermalam beristirahat.

Langit sore itu di camp luar biasa banget, dapet sunset ato matahari tenggelem klo yg ga ngarti,he… langit ke ornge2an ditutup siluet hitam tenda dari jepretan kamera

Gelap pun mulai melekat kawan, malam ini istirahat lah kita dalam hangatnya tenda,aseeekkk

30 oktober 2011

Pendakian dilanjutkan, harapan hari ini dapat menjejakan kaki di puncak Gn.Sumbing dan melakukan ritual upacara penyematan nomor kepada anggota muda di kawah nya.

05.00 kita siap-siap untuk melanjutkan pendakian. ada yang memasak, merapihkan tenda dan mempacking. Serta tidak ketinggalan ada pula yang bernarsis ria didepan kamera 😀

sekitar jam 06.30 kita mulai beranjak dari camp. masih harus menapaki tanjakan demi tanjakan. melalui pos pestan yang lapang dan terbuka. menurut orang setempat dipos ini anginnya sangat kencang. jadi, hindari mendirikan tenda di pos ini.

sekitar pukul 10.00 sampai juga kita dipuncak sumbing. setelah melewati pasar watu, pos watu kotak dan tanah putih

sempat kesasar juga saya menuju puncakan. yang saya kira puncak dari gunung sumbing tapi ternyata tempat yang saya picak adalah puncak buntu. akhirnya melipir dulu lah kekanan untuk mencapai puncak tertinggi sumbing dan meluncur kekawah.

Pose di puncak buntu

Penyematan nomor anggota

Foto bersama setelah upacara di kawah gn.sumbing

No. contact basecamp sumbing 081392863011

Categories: Uncategorized | Tag: , , , | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “Pendakian Gunung Sumbing 3371 Mdpl

1. Andi Aryatno

Uda nyampe wonosobo aturan ke selatan dikit., nyampe kotaku tercinta “Purworejo” 😀 😛