Pemanjatan Tebing Tontonan

Tebing Tontonan terletak di kabupaten Enrekang, Sulawesi selatan. Berada diantara perbatasan Kecamatan Baraka dan Kecamatan Anggeraja. Tepatnya berada di kelurahan Tanete, Lingkungan tontonan biasa orang sekitar tebing tontonan menyebutnya. Tebing yang memiliki ketinggian lebih kurang 140 meter ini menjadi saksi kehidupan masyarakat setempat. Disini kita dapat melihatberjajar peti mati masyarakat dahulu yang ditempatkan di sisi tebing.

Ya, peti mati. Tebing itu dikeramatkan oleh warga sekitar karena di beberapa bagian tebing, terdapat kuburan kuno.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tebing yang menjulang vertikal dan tegak lurus ini di bawahnya terdapat makam batu, dengan puluhan keranda kayu yang masih tersisa.

Tebing Tontonan, atau tebing Mandu sendiri sudah dikenal secara nasional, yaitu pada saat pengibaran bendera berukuran jumbo: 21 X 12 meter pada 17 Agustus 2009. Bendera tersebut dibentangkan di sisi tebing yang berdiri tegak lurus setinggi 140 meter oleh tim dari Mapala Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Pengibaran Merah-Putih di Tebing Mandu kala itu adalah satu di antara tujuh rangkaian program Indonesia Bersatu: Kibar Sang Saka 17 Agustus, yang di selenggarakan oleh Metro TV.

Pada tanggal 27 november 2011 kami tim rock climbing yang tergabung dalam kegiatan “Indonesia Karst Green Expedition – South Sulawesi” mencoba untuk memanjat tebing ini. Tim yang terdiri dari Very, Nona, Wawan dan Haris <foto atas dari kiri ke kanan> serta teman dari Mapala PNUP yaitu Ipin.

Untuk menuju ke muka tebing kami harus menyebrangi sungai.

setelah mencapai muka tebing, lalu dilanjutkan menuju cerukan yang merupakan titik nol pemanjatan dengan free climbing.

Setelah mencapai cerukan, tim mulai melakukan pemanjatan dengan menggunakan jalur yang dibuat Tim ekspedisi panjat tebing putri “Seriti” yang merupakan gabungan dari kelompok Mahasiswa pencinta alam Stikom Fajar, Stim Nitro dan STIK Tamalatea Makassar pada 6-11 November 2007.

Jalur pemanjatan ini sudah tertanam hanger. ada 9 hanger sampai di pitch 1. Dan belayer pun menngunakan pengaman hanger yang tersedia 2 hanger.

lihat juga video nya

Categories: Uncategorized | Tags: , , , , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Pemanjatan Tebing Tontonan

  1. ringgo

    salam,
    saya dari Surabaya, tertarik untuk melakukan pemanjatan di tebing ini.
    apa ada yang saya bisa hubungi untuk menanyakan masalah informasi jalur dll
    ini e mail saya : ringgoyudistira@hotmail.com

    • Wah silahkan kunjungi mas bro, keren tempatnya, bisa kontek saya atau temen2 dari mapala sekitaran makassar, waktu itu sih saya dan tim diantar dengan mapala Politeknik Negeri Ujung Pandang, mereka memang pengalaman dalam pemanjatan tebing di Tontonan dan juga ada seniornya yang bertempat tinggal di enrekang, tidak jauh dari tebing tontonan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: